Presiden Direktur PT XL Axiata
Jarang ada pucuk pimpinan perusahaan kelas kakap doyan menulis. Hasnul Suhaimi adalah salah satunya. Ia mempunya blog dengan alamat www.hasnulsuhaimi.com, disela kesibukannya paling tidak sebulan sekali ia posting tentang pemikirannya, perenungan, dan gagasan segar yang dimilikinya. Mungkin pula blog ini bermanfaat bagi karyawan operator tiga besar di antara dua operator pemerintah itu.
Membesarkan XL, di tahun 2006 tentu bukan perkara remeh. Mulai dari nol, sementara seharusnya ia lebuh nyaman duduk di Indosat. "Buat saya itu tantangan", ujar pria dua anak ini. Sampai pada satu masa, di mana XL Axiata menjadi perusahaan dengan jumlah pelanggan yang mampu bersaing dengan Indosat.
Salah satu kunci sukses adalah efisiensi birokrasi. Ia tak sungkan langsung berjumpa dengan pelanggannya. Sebuah ciri kepemimpinan yang alergi struktur bertele-tele, sekaligus untuk memperoleh insight dari targetnya.
Konsumen baginya penting. Bukan lantaran hanya teori bisinis dan marketing. Pernah suatu kali naik pesawat dan mengalami kekecewaan atas layanan pun sebaliknya. Ia merasakan bagaimana menjadi konsumen, yang kemudian oleh pria 55 tahun ini ia jadikan acuan ketika berpredikat sebagai produsen.
BEST PRACTICE
Ia pernah melakukan churn agar memperoleh data jumlah konsumen yang factual dan itu berhasil. Ini sebuah pembelajaran bagi bisnis apapun agar tak memperoleh konsumen ganda. Waktunya ia dedikasikan buat perusahaan yang ia bangun dari titik awal dan membesar demi menunjukkan loyalitas.